Breaking News

Pj Bupati Lotim Resmi Buka TMMD ke 121 Tahun 2024 Bertemakan Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah

Pj bupati H.M. Juaini Taofik usai pembukaan kegiatan TMMD ke 121 tahun 2024
LOMBOKTIMUR Bumigoramedia.com - Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim) secara resmi buka kegiatan Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121, dengan tema” Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”, Berlangsung di Lapangan Gelora Sikur, Kecamatan Sikur, Rabu (24/7/2024).

Selaku Inspektur Upacara, Pj Bupati Lombok Timur Drs. H.M. Juani Taofik, M.Ap menyatakan, atas nama Pemda Lombok Timur mengucapkan terimakasih pada TNI AD, dalam hal ini Danrem 162/WB yang telah memberikan dedikasi yang begitu tinggi terhadap kebutuhan masyarakat.

"Apresiasi setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan TMMD ke-121 TA.2024 pada program lintas sektoral yang melibatkan TNI-POLRI, Pemerintah Daerah dan segenap lapisan masyarakat,” ucap Pj Bupati Juaini.

Dikatakan, Pj Bupati Juani, Bahwa kegiatan TMMD ke-121 ini merupakan dukungan nyata dari TNI-AD bagi pemerintah daerah untuk masyarakat dalam rangka meningkatkan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah implementasi komitmen TNI dan Pemerintah Daerah dalam semangat Budi luhur masyarakat semangat gotong royong dan TNI-AD selalu menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia, tidak hanya dalam mengemban tugas pokok sebagai penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"TNI hadir sebagai penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mewujudka kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat," jelas Pj Bupati Juaini.

"Semoga kegiatan TMMD ini berlangsung lancar dan dapat diselesaikan tepat waktu sehingga masyarakat Desa Kesik dan Desa Loyok sekitarnya dapat merasakan manfaatnya,” pungkas Pj Bupati.

Sementara Dandim 1615/Lotim, Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro Selaku Dansatgas dalan lapirannya menyampaikan, TMMD ke-121 TA.2024 dilaksanakan selama 30 hari dari tanggal 24 Juli-22 Agustus 2024.

Disebutkan sasaran kegiatan fisik Desa Kesik meliputi Pentalutan saluran Irigasi Sepanjang 1.050 Meter, pembuatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 2 Unit, MCK 2 Unit, Rehan Mushalla 1 Unit, Rehab TPQ 1 Unit, Pantalutan Irigasi 100 Meter dan Pembuatan 1 Sumur Bor, dan kegiatan fisik Desa Loyok meliputi Pentalutan Saluran Irigasi Sepanjang 612.5 Meter, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 1 Unit, Rehab TPQ 1 Unit, Pembuatan Jalan Tani Sepanjang 600 Meter, Pembuatan 2 Unit Sumur Bor.

Sasaran Non Fisik meliputi penyuluhan Wawasan kebangsaan, Penyuluhan Tentang Kamtibmas, Penyuluhan Hukum, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Perkebunan, Pelayanan KB, Penyuluhan Tentang Stunting, Kesehatan Lingkungan, Penanggulangan Bencana Alam, Kelestarian Hutan dan Penyuluhan Tentang Narkoba.

Di kesempatan yang sama, Danrem 162/WB memberikan keterangan kepada wartawan yang hadir peliputan, kegiatan pembukaan TMMD ke-121 TA.2024, dilaksanakan di wilayah Korem 162/WB di Kabupaten Lombok Timur Kodim 1615/Lotim yang akan dilaksanakan 30 hari dari tanggal 24 sampai 22 Agustus di Dua Desa yaitu Desa Kesik dan Desa Loyok, merupakan bentuk kepedulian TNI AD terhadap masyarakat yang dilaksanakan dengan cara bergotong royong antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat dengan tujuan untuk menjaga kearifan lokal dan melestarikan budaya gotong royong.

"Semoga TMMD ke-121 ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, kemitraan dan kerjasama yang sudah terjalin antara TNI dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat dapat terus dilestarikan dan berkelanjutan,”harap Agus Bhakti.

Setelah upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Komandan Resort Militer 162/WB membagikan sembako dan meninjau lokasi sasaran TMMD ke-121 di Desa Kesik Kecamatan Masbagik dan Desa Loyok Kecamatan Sikur, setiba di lokasi Danrem 162/WB disambut antusias meriah oleh masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti., S.I.., M.I.P., M.Ha., bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 162 Ny.Lisna Agus Bhakti, Dandenpom lX/2 Mataram Letkol Cpm Ahmad Suraidy., S.H., M.H., Dandim 1606/Mataram, Dandim 1620/Lombok Tengah, Pj. Bupati Lombok Timur, TNI AU, TNI AL, Pejabat Polres Lombok Timur, Danramil Se Lombok Timur, Pemda Lotim,

Turu hadir juga Satpol Pp, Dinas Perhubungan, Komcad Lotim, pemerintah Desa Sikur, Anggota Pramuka, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Acara pembukaan TMMD Ke-121 ini ditandai dengan upacara bertindak sebagai Inspektur upacara Pj Bupati Lombok Timur, Drs. Juani Taufik., M.Ap., Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan program TMMD Reguler Ke-121 Tahun Angggaran 2024 dari Bupati Lombok Timur kepada Dandim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Dansatgas TMMD dan pemukulan gong. (BM/TON)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia