Breaking News

Pilkada Lotim, Survei GNR Luthfi-Wahid Unggul, Iron-Edwin dan Rumaksi-Sukisman Beda Tipis

Survie sarkan hasil survei Gobal Nusantara Riset (GNR)
LOMBOK TIMUR Bumigoramedia.com - Berdasarkan hasil survei Gobal Nusantara Riset (GNR), pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, H. M. Syamsul Luthfi unggul dengan tingkat elektabilitas 24,3 persen. Sementara, dua bakal pasangan calon lainnya yakni H. Iron-Edwin hanya beda tipis dari pasangan H. Rumaksi-Sukisman. Iron-Edwin mendapat 15,7 persen sedangkan Rumaksi-Sukisman memperoleh 12,5 persen. Paling buntut simulasi pasangan Suryadi Jaya Purnama-H. Nasrudin meraih 5,3 persen.

Demikian diterangkan Direktur Eksekutif GNR, Dedy Ferbi Rachman, Rabu (7/ 8) kemarin. Simulasi hasil survei pasangan calon itu 42,2 persen memilik tidak tahu atau tidak menjawab. 

Sementara, dilihat dari elektabilitas bakal calon bupati secara individu 3 pasangan paling kuat. Masih paling dominan, H. M. Syamsul Luthfi masih di posisi teratas dengan perolehan 25.4 persen. Posisi kedua ditempati oleh HM Haerul Warisin atau H. Iron dengan perolehan 16.3 persen. Posisi ketiga ditempati oleh H. Rumaksi dengan perolehan 14.0 persen.

Dari survei tersebut menguatkan pertarungan tiga kandidat bakal calon yang notabenenya merupakan para mantan wakil Bupati. Dedy Febry Rachman menjelaskan, hasil survei berjenjang dilakukan sejak tahun 2023. Kesimpulan sementara, kakak kandung TGB. Zainul Majdi, Luthfi selalu tampil sebagai pemenang. Menyusul H. Iron dan H. Rumaksi

GNR melakukan survei terakhir 11-18 juli 2024. Survei dilakukan dengan metode stratified multi stage random sampling. Jumlah sampling 400 responden dengan margin of error (MOE) 4.9 persen.

Survei ini memotret bakal calon yang akan ber kontestan dalam Pilkada Lombok Timur dimana akan dilakukan pendaftaran pada bulan Agustus 2024 ini.  Kendati hasil survei ini masih memiliki undicide voternya masih relatif tinggi sebesar 42 persen. Hal itu karena masih belum masifnya tim sukses masing-masing bakal calon melakukan kampanye kepada publik Lotim. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia